3 alasan seseorang malas untuk ngeblog dan solusinya

Hai, sobat semua, bagi sobat-sobat para blogger, pasti pernah kan merasakan sesuatu yang biasa dialami para blogger lainnya, yaitu malas ngeblog. Penyakit yang umum bukan di kalangan para blogger. Baik malas menulis artikel, menjawab komentar, atau yang lainnya.

alasan males ngeblog


Hal tersebut juga sering terjadi pada saya. Bagaikan penyakt, yang sulit untuk dicari obatnya. Jadi, kali ini saya menulis artikel berdasarkan pengalaman pribadi saya, faktor-faktor yang membuat malas ngeblog.

Seperti kata pepatah,

"Kita malas bekerja atau belajar, namun sangat rajin untuk bermain, jadi anggaplah pekerjaanmu itu seperti permainan"

Bagi para blogger, kita harus menganggap blogging ini sebagai permainan di sela waktu kita, sebagai hiburan, dan sebagai media refreshing untuk melupakan segala kesulitan kita. Agar blogging ini tidak menjadi beban.

Baca juga : fakta mengejutkan yang ternyata selama ini salah mengenai hacker

Apa saja faktor yang membuat seseorang malas ngeblog?

Mungkin beberapa faktor yang membuat malas ngeblog akan sama di antara blogger-blogger lain. Juga saya, jadi langsung saja ini dia alasan seseorang malas ngeblog.

1. Kehabisan ide untuk membuat postingan

Ya, hal yang umum bukan di antara para blogger sekalian. Saat kita pusing berpikir sampai otak kita panas, namun ide untuk postingan tak kunjung datang juga. Di saat teman-teman blogger lain dengan enaknya mempromosikan postingan terbaru mereka di media sosial. Sedangkan kita tetap diam termenung mencari ide-ide yang tak kunjung datang.

Sampai-sampai mungkin ada ide untuk copy paste artikel milik orang lain dan mengakuinya sebagai artikel kita. Tapi jangan ya, lebih baik artikel hanya beberapa kalimat saja namun hasil kerja keras kita berpikir daripada artikel yang panjangnya hingga 2500 kata, namun menjiplak milik orang lain, apalagi tidak mencantumkan sumber.

2. Visitor tidak kunjung bertambah

Setiap saat menatap layar laptop sambil melihat statistik blog yang tidak kunjung naik. Setiap hari hanya beberapa pengunjung saja yang mampir. Sambil menatap layar laptop dan meratapi, kurang apa blog saya kok cuma sedikit pengunjungnya. Kurang menarik kah blog saya?

Itu juga permasalahan yang biasa terjadi pada para blogger yang baru menjamah dunia blogging. Padahal inti dari blogging adalah konsisten. Lambat laun, pengunjung akan semakin banyak, dibarengi dengan promosi yang jitu, dan akhirnya, pv blog bisa mencapai ribuan seharinya.

3. Blog tidak kunjung menghasilkan uang

Bagi sobat blogger yang mungkin selama ini masih belum diterima adsense. Atau yang sudah diterima tapi click iklan dikit. Wah, jadi malas nih, rasanya kaya sia-sia menhabiskan waktu di depan laptop tapi belum menghasilkan.

Tenang, jangan putus asa. Memang usia blog yang matang dan sudah siap untuk di monetize yaitu sekitar 1 - 2 tahun. Cukup lama ya, jadi sebelum itu, sobat fokus saja membuat artikel yang bermanfaat bagi banyak orang. Selain dapat membantu orang, juga bisa meningkatkan ilmu menulis kita kan.

Jadi jangan terburu-buru sobat, nanti, belum apa-apa sudah daftar adsense, terus ditolak, sakit hati deh. Akhirnya jadi malas ngeblog dan akhirnya bisa jadi keluar dari dunia blogging.

Baca juga : Terungkap, ini dia alasan mengapa internet Indonesia lemot

Lalu apa solusinya untuk mengatasi masalah di atas?

Solusi untuk mengatasi berbagai macam masalah di atas sebenarnya mudah. Sobat harus terus belajar dan belajar lagi. Untuk meningkatkan kualitas tulisan dan blog sobat. Dan tetaplah konsisten dalam ngeblog dan jangan putus asa.

Kalahkan rasa malas sobat itu, niatkan dalam diri sobat, bahwa sobat bisa. Ada pepatah mengatakan "tidak ada orang pintar dan bodoh, adanya orang rajin dan malas". Jadi jika sobat rajin mengembangkan blog sobat, pasti blog sobat nanti akan menjadi blog yang terkenal.

Menggeluti dunia blogging juga butuh proses, layaknya belajar mengendarai sepeda. Awalnya, akan kesulitan dan sempat terjatuh dan terjatuh. Tapi lama kelamaan, sepeda itu akan sobat kuasai, sampai mungkin sobat bisa atraksi dengan sepeda itu. Jadi tetap semangat dalam ngeblog.

Baca juga : Kejayaan konsol-konsol di masanya

Kesimpulan

Jadi, jangan gunakan alasan-alasan di atas untuk menelantarkan bahkan menghapus blog sobat. Jadi setelah membaca artikel ini, sobat harus lebih rajin lagi untuk menulis artikel. Sobat dapat mencari ide-ide dari banyak hal. Perbanyaklah membaca dan pergilah keluar untuk refreshing agar pikiran sobat tidak jenuh.

Dengan membaca artikel ini, sobat akan dapat menemukan solusi dari permasalahan sobat sebagai blogger. Jadi tetap semangat ngeblog!

Baca juga : Manusia dan teknologi

9 Responses to "3 alasan seseorang malas untuk ngeblog dan solusinya"

  1. menurut ane tidak ada topik yg bagus buat di tulis heheheheh atau kehabisan ide

    ReplyDelete
  2. ane nih yang suka begini, sampe-sampe suka buat blog mulu dan berganti-ganti topik

    ReplyDelete
  3. sebenernya saya juga sering malas, tapi ane memilih untuk berlibur sekaligus nulis

    ReplyDelete
  4. intinya kita tidak boleh menyerah

    ReplyDelete
  5. benar sekali artikelnya.. dulu saya juga begitu. Namun sekarang saya memutuskan untuk konsisten dalam membangun sebuah blog

    ReplyDelete
  6. setidaknya 3 alasan itu harus di lawan dan di imbangi dengan kemampuan seo individu

    ReplyDelete
  7. kadang kalo sibuk ane suka bosen nulis artikel

    ReplyDelete
  8. yang paling membuat saya malas ngeblog, adalah karena tidak memiliki ide untuk menulis artikel..

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik.