Manusia dan Teknologi

Teknologi
Teknologi

Halo sobat, kali ini saya akan membahas hal-hal yang hampir selalu ada dalam kehidupan kita, yang selalu kita gunakan sehari-hari. Mengenai teknologi, dengan hubungannya dengan manusia. Mungkin sedikit berbeda dengan biasanya, tetapi ini merupakan hal yang sangat penting untuk saya bagi dengan sobat.

Manusia merupakan makhluk yang diciptakan Tuhan yang paling sempurna. Manusia memiliki keistimewaan yang diberikan oleh Tuhan, yaitu manusia diberikan akal. Inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Manusia diberikan akal untuk bisa berpikir.

Karena hal itulah, manusia selalu dapat berpikir dan berinovasi untuk dapat mempermudah kehidupannya. Manusia menciptakan berbagai macam cara untuk mempermudah segala hal. Cara-cara dan inovasi inilah yang biasa kita sebut dengan teknologi.

Teknologi semakin berkembang waktu demi waktu. Dari yang paling sederhana, hingga sampai pada teknologi di zaman ini. Teknologi sangatlah membantu manusia dalam segala bidang. Dengan teknologi, segala pekerjaan akan terasa lebih mudah dan lebih cepat.

Baca juga : Inilah yang harus diperhatikan untuk mengupgrade laptop

Teknologi membantu manusia.
Pada saat sekarang ini, pasti sobat membaca artikel ini menggunakan internet kan. Sobat juga mengakses internet menggunakan komputer atau gadget sobat kan. Ya, memang kita tidak akan bisa terlepas dengan kecanggihan teknologi.

Kecanggihan teknologi selalu membantu kita dalam melakukan berbagai kegiatan. Dalam hal kecil maupun hal yang besar. Ya, kita memang mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi. Mau tidak mau kita harus membeli gadget untuk membantu pekerjaan kita. Mau tidak mau kita harus membeli komputer untuk mempermudah pekerjaan kita. Karena saat ini hampir seluruh kegiatan kita bergantung kepada teknologi agar dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Baca juga : Tutorial mempercepat internet hingga 8 kali!!

Teknologi memang membantu, tapi......
Memang tidak bisa dipungkiri jika teknologi dapat mempermudah pekerjaan manusia. Tetapi di samping Kecanggihan dan keunggulan teknologi itu, pasti masih terselip dampak negatifnya.

Seperti contoh, sekarang adalah era globalisasi, batas-batas dunia terasa semakin dekat. Tapi ingat, dengan semakin terbukanya bangsa satu sama lain, maka moral dan perilaku dari setiap bangsa juga akan semakin bercampur. Bisa jadi hal yang kurang bermoral bagi kita adalah hal yang lumrah di mata bangsa lain. Inilah yang perlu diwaspadai. Kita harus pintar-pintar memilih dan memilah.

Apa saja contoh dampak positif dari kecanggihan teknologi?
Akan banyak sekali dampak positif yang ditimbulkan dari kecanggihan dan perkembangan teknologi, saya akan membahas sedikit diantaranya, adalah :

Baca juga : Xbox Scorpio, konsol baru Microsoft

1. Internet, media dari segala hal.
Internet pasti tidak asing lagi bagi kita. Dengan perkembangannya dari waktu ke waktu, semua orang dapat dengan mudah mengakses internet. Internet sangat memudahkan kita untuk mencari pengetahuan, menambah wawasan, bahkan dapat juga kita gunakan sebagai media untuk bisnis dan juga hobi.

internet
Internet


Misalnya, kita dapat menggunakan internet untuk membantu mengerjakan tugas sekolah. Tugas sekolah akan serasa lebih mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan media internet ini. Contoh lagi, kita dapat menggunakan internet sebagai bisnis dengan membuka toko online. Toko online ini dapat menjadi ladang kita untuk mencari penghasilan.

2. Social media dan chatting mempermudah komunikasi.
Social media dan chatting saat ini sangat booming. Jika mungkin dahulu, facebook adalah media sosial yang paling terkenal, sekarang ini sudah banyak media sosial yang banyak diminati masyarakat.

Dengan media sosial ini, kita dapat dengan mudah mencari teman baru dan bertukar informasi. Bahkan, banyak juga seseorang yang kembali bertemu dengan sahabat lamanya lewat media sosial.

medsos
Berbagai media sosial di sekitar kita


Media chatting juga saat ini mungkin wajib bagi masyarakat di zaman sekarang. Media chatting ini akan memudahkan kita untuk berkomunikasi satu sama lain. Baik secara personal, bahkan secara kelompok. Media chatting ini lebih efisien jika dibanding dengan sms atau telepon biasa. Hal inilah yang membuat masyarakat lebih tertarik menggunakan media chatting.

3. Gadget, senjata kita.
Tentu saat ini gadget tidak hanya menjadi alat komunikasi layaknya dulu. Sekarang ini, gadget dapat kita gunakan untuk mengakses internet, membuka foto dan video, mendengarkan musik, dan lainnya.

Gadget ini dapat kita gunakan sebagai perangkat portable dari komputer yang biasa gunakan. Dapat membantu banyak pekerajaan sehari-hari kita.

Baca juga : Horizon Zero Dawn, zaman primitif di masa depan

Lalu, apa saja dampak negatif dari kecanggihan teknologi?
Di samping dampak positifnya, kecanggihan teknologi juga menimbulkan dampak negatif, diantaranya yaitu :

1. Sikap yang semakin individualis.
Telah disebutkan bahwa internet, media sosial, atau chatting dapat banyak membantu orang. Tetapi pikirkan lagi di sekitar kita, contohnya, kebanyakan orang akan lebih akrab jika dalam chatting, namun biasanya saat bertemu, mereka akan membuka gadget masing-masing. Inilah salah satu dampak negatifnya.

Perkembangan dan kecanggihan teknologi akan membuat seseorang menjadi lebih individualis, seperti contoh di atas. Tidak seperti pada zaman di mana gadget atau media-media sebangsanya belum diciptakan. Orang yang bertemu pasti akan sibuk bercengkrama, bukan sibuk pada gadgetnya.

Lihat lagi di sekitar kita, banyak orang yang kita temui di jalan atau di manapun lebih betah memandang gadgetnya. Bahkan mungkin jika ada orang yang telah kita kenal sebelumnya berpapasan dengan kita, bisa jadi kita tidak tahu karena lebih asyik dengan gadget.

2. Mulai memudarnya identitas bangsa dan batas-batas agama
Telah disebutkan bahwa saat ini adalah zaman globalisasi, batas antar dunia semakin kecil. Hal ini juga membuat banyak perilaku bangsa luar yang mempengaruhi bangsa kita. Negara kita adalah negara yang beradab dan beretika. Setelah adanya globalisasi, hal tersebut seakan-akan semakin luntur. Identitas mengenai bangsa kita tersebut semakin lama semakin memudar. Hal ini karena banyaknya hal-hal dari bangsa lain yang bertentangan dengan identitas bangsa kita.

Karena sikap manusia yang selalu ingin mengikuti trend, hal yang dianggap bertentangan tersebut akan dianggap sebagai trend baru dan akan diikuti oleh banyak orang.
Tak hanya dengan identitas bangsa, batas-batas agama seakan juga semakin memudar. Kita seolah lupa akan hal itu.

Baca sekarang!! Masihkah muhrim kita di sosmed?

Lantas bagaimana agar dapat menggunakan teknologi tetapi tidak terkena dampak negatifnya?
Mungkin pertanyaan itulah yang muncul di benak sobat setelah membaca uraian di atas. Sebenarnya caranya susah-susah gampang, tergantung dengan diri kita kembali. Kita dapat menanggulangi dampak negatifnya dengan memfilter segala yang dapat kita temukan dengan kecanggihan teknologi saat ini. Kita harus pintar memilah apa yang sesuai dengan moral bangsa dan agama kita.

Jangan mudah terpengaruh dengan trend, jika trend tersebut tidak sesuai moral bangsa dan agama. Ikuti trend yang baik saja. Dengan itu, kita dapat tetap mendapatkan dampak positif dari teknologi dengan meminimalisir dampak negatifnya.

Mencari artikel mengenai kehidupan sosial kita, klik di sini

9 Responses to "Manusia dan Teknologi"

  1. Kalo gadget bikin kita fokus lho mas... Alhasil kerjaan jadi nomor dua 😂😂😂

    ReplyDelete
  2. Memang teknologi sudah menjadi gaya hidup di jaman sekarang... Hehe,,,, segala sesuatu nya serba teknologi

    ReplyDelete
  3. Setuju. Kita harus memilih dan memilah hal yang ada diinternet dengan kritis. Sehingga tidak membuat kita terarah pasa hal yang negatif

    ReplyDelete
  4. Mungkin solusi tambahannya adalah membatasi penggunaan gadget, terutama untuk yang sudah berkeluarga. Buat waktu khusus misalnya 2 jam tiap pukul 19:00-21:00 tiap hari untuk tidak memegang gadget dan fokus bercengkrama dengan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang itulah yang sering dilupakan oleh kita

      Delete
  5. Membantu nambahin untuk manfaat negatif teknologi. Kata 'individualistis' mungkin kurang pas. Karena kenyataannya tetap sangat asyik berkomunikasi lewat messenger dan liat2 medsos.

    Mungkin lebih tepatnya jadi abai terhadap lingkungan sekitar saat berhenpon ria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, terima kasih atas kritik sarnnya ya

      Delete

Berkomentarlah dengan baik.