Masa depan di zaman primitif pada game Horizon Zero Dawn

 Sobat pasti mengenal game-game yang bertemakan masa-masa lampau, seperti Far Cry : Primal, atau game yang lainnya. Ya, inilah tema dari game besutan Guerilla Games, Horizon Zero Dawn. Tapi tentu sobat juga mengenal game-game yang berlatarkan atau bertemakan masa depan, yang digambarkan dengan kecanggihan teknologinya. Konsep masa depan ini juga ditawarkan pada game Horizon Zero Dawn ini. Pasti sobat akan bertanya, "ha? ini masa lalu atau masa depan sih, katanya konsepnya masa lalu, tapi juga ada konsepnya masa depan?". Hahaha tenang, hal ini juga yang ada di pikiran saya saat pertama kali mendengar tentang game ini sebelum membaca lanjutannya.
horizon zero dawn
Horizon Zero Dawn

Konsep yang ditawarkan pada game ini sangat fresh. Guerilla Games benar-benar memberikan kesan yang tidak monoton. Game ini berlatarkan masa primitif. Ya, seperti game-game bertema masa primitif lainnya. DIgambarkan dengan bumi yang hijau, ditumbuhi banyak tumbuhan dan binatang, Manusia tinggal dengan bersuku-suku, manusia berburu dengan alat-alat sederhana. Tapi Guerilla Games juga memberikan masa depan di gamenya ini. Pada game ini, teknologi bahkan telah maju dari kita saat ini, hanya saja ada suatu hal yang menyebabkan kehidupan manusia ini hampir punah dan harus mengulang kembali peradaban mereka seperti pada zaman primitif. Hanya saja, teknologinya telah maju. Seperti contoh, karakter game ini dapat menggunakan busur untuk bertarung, tetapi bukan busur dari kayu seperti yang sobat bayangkan loh. Busurnya si Aloy(karakter game ini) terbuat dari besi-besi yang terlihat ya, sangat futuristik. Kemudian, di game ini terdapat hewan-hewan seperti hewan purba, tetapi dalam bentuk robot. Ini dia konsep yang sangat fresh dan menarik yang ditawarkan.Game ini dirilis pertama pada akhir Februari 2017 untuk platform PS4. 

busur pada horizon zero dawn
Busur milik Aloy yang futuristik
Gameplay Horizon Zero Dawn
Game ini adalah game third person view. Dalam game ini, untuk bertarung dengan musuh, Aloy dapat menggunakan berbagai macam cara, seperti serangan jarak dekat, menggunakan perangkap, Setelah musuh mati, Aloy juga dapat megambil sisa bahan yang dapat ia gunakan untuk membuat alat-abahan peledak, Bahan dan alat juga dapat dibeli di pedagang. dan serangan jarak jauh. Aloy bahkan dapat meretas sistem dari robot-robot ini untuk dapat ia gunakan sesuai keinginannya, seperti transportasi atau yang lainnya. Game ini adalah game open-world, walaupun tidak seluas game-game open-world yang biasanya. Dalam game ini, Aloy juga memiliki semacam alat pemindai yang dapat digunakan untuk melihat informasi-informasi, layaknya eagle vision pada assassin's creed. Grafik dari game ini sangat memuaskan. Dengan game open worldnya, game ini juga memiliki siklus siang malam.

Plot
Aloy, seorang gadis yang harus berjuang sejak ia lahir. Ia tinggal dalam suatu suku yang memiliki paham bahwa tingkat sosial perempuan lebih tinggi. Namun, Aloy tidak pernah mengetahui ibunya, ia hanya tinggal bersama Rost, seorang guru yang mengajarinya caru bertarung, bertahan diri, dan lainnya. Dan karena alasan tidak mempunyai ibu itulah, akhirnya ia dianggap orang asing dan akhirnya diusir dari sukunya, suku Nora.
karakter horizon zero dawn
Aloy belajar pada Rost

Hingga akhirnya ia menemukan suatu alat bernama Focus, alat ini dapat membantu ia mendapatkan informasi-informasi. Dengan alat ini juga akhirnya ia perlahan menyadari tentang peradaban di sebelumnya dan apa yang terjadi pada mereka. Dan membantunya untuk memberi pengetahuan mengenai eksistensinya. Dan akhirnya Aloy, menggunakan alat ini untuk membantunya kembali ke sukunya dan menemukan siapakah sebenarnya ibunya. Dalam proses mencapai tujuan itu, Aloy pun juga berusaha untuk memahami siapa ia dan dunianya ini.

Konsep Open-World
Dalam game ini, konsep open-worldnya juga sangat baik. Dalam game ini, sobat tak hanya bertujuan untuk menemukan jati diri sobat. Sobat juga harus bertahan hidup di alam liar. Sobat harus mengumpulkan bahan-bahan. Sobat harus mencari bahan untuk memuihkan HP dan untuk merakit senjata dan ammonya. Ya, seperti halnya Far Cry, senjata sobat juga memiliki damage, juga sobat dapat memperbesar penyimpanan tas sobat. Dalam game ini juga terdapat skill tree yang membuat RPG nya semakin kental. Juga sobat dapat memperbesar efek dan skill senjata sobat seperti halnya game RPG lainnya.
open world

Dalam membunuh musuh-musuh robot sobat, sobat bebas melakukannya sesuai cara sobat sendiri. Bahkan sobat juga bisa mengendap-endap dan menhindarinya. Tak ada ketentuan khusus sobat harus mengikuti cerita. Sobat juga dapat menjadikan robot-robot tersebut menjadi teman sobat. Dalam game ini juga terdapat robot tinggi yang diberi nama Tailneck. Tailneck ini berfungsi layaknya tower tinggi yang pada game assassin's creed digunakan untuk synchronize map sobat, tapi tidak juga sebuah keharusan untuk memanjat tailneck dan mensynchronize peta layaknya pada Assassin's creed, kembali lagi kepada kebebasan pada konsep open-worldnya. Tak hanya itu, game ini juga memiliki banyak misi sampingan sobat.
tailneck horizon zero dawn
Tailneck
Kesimpulan
Game Horizon Zero Dawn ini menjadi game yang wajib untuk platform PS4. Tak hanya grafiknya yang memukau, konsep yang dihadirkan pada game ini juga lah yang membuat game ini luar biasa. Plot mengungkap misteri mengenai pemecahan misteri jati diri Aloy dikemas sangat menarik. Namun, game ini juga memiliki kekurangan, seperti tidak adanya sistem lock musuh dan juga pertarungan antar manusia dalam game ini terlalu hambar karena terlalu banyaknya pertarungan dengan robot. Tetapi, jika mengesampingkan kekurangan tersebut, gaame ini sangat wajib untuk sobat coba, bagaimana?

Baca juga : Slashintech

1 Response to "Masa depan di zaman primitif pada game Horizon Zero Dawn"

  1. Uniknya juga game nya.. Berlatar di tempat yg primitif namun terdapat kecanggihan didalamnya... Sesuatu yg nampak berlawanan.. Mungkin ini motivasi terbaru dr sang pembuat game ..memberikan perpaduan hal kuno dan modern melalui game... Patut diacungi jempol deh...

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik.